authentic

4 Merek Lokal Otentik di Era Post Truth

Saya sangat terinspirasi setelah membaca buku “The Post Truth Business”. Era saat ini disebut sebagai era post truth, artinya dengan kecanggihan media sosial, dan banjir informasi. Audiens bisa jadi mengalami kebingungan membedakan mana informasi yang benar atau salah. Ketika mereka memilih merek untuk dikonsumsi akhirnya mereka berpegangan pada merek-merek yang otentik, yang konsisten misalnya merek yang memperjuangkan isu tertentu, atau punya karakter unik yang berbeda dibanding yang lain.

Baca Juga:8 Video Iklan Indonesia Dengan Story Telling Menarik 2016

Dan mereka mengharapkan keunikan yang otentik ini,sesuatu yang konsisten, bukan hanya sekedar gimmick pemasaran. Konsumen sekarang menuntut transparansi, sehingga otentik atau hanya sekedar gimmick akan mudah diketahui, atau terungkap jejaknya oleh konsumen karena adanya media sosial.

Ini beberapa merek yang menurut saya sangat otentik, dan akhirnya membangun loyalitas konsumen. Karena konsumen melihat bukan hanya fungsional, tapi juga keterkaitan emosional dengan produk atau jasanya.

Baca Juga:4 Instagram Feed Hotel di Indonesia Yang Bukan Cuma Keren Tapi Punya Story Telling Menarik

Vanilla Hijab selalu punya cerita dan jiwa, audiens membeli cerita dan semangat foundernya bukan cuma fashion

Vanilla Hijab menjadi fenomena di industri fesyen hijab, bukan cuma karena produknya. Bisa jadi banyak sekali yang bisa meniru, tapi passion, keyakinan, kepedulian dan visi dari foundernya, menjadi alasan yang lebih kuat membuat konsumen membeli, dan loyal.

 

Mereka bahkan punya akun khusus yang merupakan cerita dibalik layar tentang Vanilla, yang dikelola langsung oleh foundernya.

screenshot-vanilla-2

 

Lalu diakun resmi display produk mereka menampilkan kolaborasi CSR programnya. Vanilla memang dikenal selalu berkolaborasi untuk mendonasikan sebagian keuntungan yang diperoleh.

screenshot-vanilla-1

 

Go-Jek selalu konsisten membawa semangat nasionalisme dan keunikan karakter yang sangat lokal disetiap komunikasi bahkan produknya.

Ini contoh bagaimana konsistensi komunikasi dan passion Go-Jek yang muncul dalam sebuah video yang merangkum segalanya.

 

 

Anomali Coffee pelopor mengedukasi pasar tentang kekayaan citarasa kopi Indonesia

Konsistensi dan kegigihan Anomali Coffee memang patut diacungi jempol, karena mereka adalah pelopor untuk memperkenalkan kopi lokal yang masih konsisten hingga saat ini.

screenshot-anomali screenshot-anomali-farmers

 

ArtOtel memberikan interpretasi baru tentang pengalaman menginap di hotel yang terasa lebih otentik

ArtOtel meredefinisi pengalaman menginap yang berbeda nuansanya di setiap hotel yang dikelola, bahkan di setiap kamar. Bekerjasama dengan para seniman lokal, mereka juga berkolaborasi untuk memamerkan karya seniman kontemporer Indonesia di hotelnya.

screenshot-artotel

screenshot-artotel-1

Baca Juga:8 Tips Meningkatkan Engagement dan Follower Instagram Secara Organik

Apa merek yang menrut Anda sangat otentik dan menginspirasi? Ditunggu di kolom komentar.

 

Tuhu Nugraha

Konsultan Bisnis Digital

Dosen Pasca Sarjana London School of Public Relations (LSPR) Jakarta & Komunikasi UI

Penulis Buku Best Seller WWW.HM Defining Your Digital Strategy