gen-x

4 Peran yang Bisa Diambil Generasi X di Era Ekonomi Digital

Beberapa waktu yang lalu, setelah kehebohan Nadiem Makarim diangkat jadi Mentri, lalu disusul dengan staf khusus presiden Generasi Milenial. Saya mendapatkan sebuah meme yang sangat menarik, dan bagi saya ini menggambarkan kegelisahan Generasi X yang galau mencari relevansi, dan berkontribusi di era ekonomi digital.

Meme Generasi X

Generasi X didefinisikan mereka yan terlahir dari 1965-1979. Mereka adalah generasi yang dibesarkan sebagai generasi analog, harus beradaptasi dengan digital, dan dipersepsikan sebagai generasi yang paling tertekan, dan was-was dengan ekonomi digital.

Sementara semua mengelu-elukan milenial, tidak ada yang membantu Generasi X untuk bisa beradaptasi, dan berkontribusi di era ekonomi digital. Padahal generasi ini masih masuk dalam generasi yang produktif, mereka juga punya kompetensi-kompetensi yang penting di era digital apabila dikolaborasikan dengan Generasi Milenial maka dampaknya akan sangat luar biasa. Dalam tulisan ini saya fokus apa peran yang bisa diambil Generasi X di ekosistem Startup yang sedang hype dan trendy.

Berikut beberapa kontribusi yang bisa dikolaborasikan oleh Generasi X dengan Milenial agar sama sama bisa menikmati kue ekonomi digital.

Menjadi Mentor dan Coach Startup

Generasi X punya pengalaman yang sangat banyak, sudah melewati beberapa siklus kehidupan. Pengalaman hidup, kebijaksanaan, dan kehati-hatianserta kemampuan untuk bisa melihat hal yang lebih luas, sangat penting untuk membimbing generasi milenial yang sangat kurang pengalaman, dan terburu-buru.

Generasi Milenial memang jago dengan teknologi, dan mencari informasi. Namun kebijaksanaan, pengalaman dll tidak bisa dicari di Google. Pengalaman Generasi X yang sangat kaya, bisa jadi pembelajaran yang menarik bagi Milenial untuk memecahkan masalah. Di sisi lain, Generasi X bisa menjadi semacam rem, dan peredam Generasi Milenial yang selalu tancap gas, dan kurang memperhitungkan risiko ketika mengambil keputusan.

Generasi X yang Sudah Mapan Bisa Menjadi Angel Investor

Generasi X dengan karir yang sudah panjang, seharusnya punya sumber daya uang yang lebih besar. Ini bisa dimanfaatkan dengan menjadi angel investor untuk ide-ide startup yang baru muncul. Ketika tahapan awal, maka dana yang dibutuhkan sebuah startup tidaklah besar. Dengan menjadi investor Generasi X juga bisa sambil belajar cara berpikir era digital, dan bagaimana mereka mengelola bisnis.

Generasi X Sebagai Negosiator dan Networker

Milenial boleh jadi sangat kreatif, dan melek teknologi, tapi tak bisa dipungkiri mereka harus berhadapan dengan Generasi X yang masih sebagai pemangku kepentingan di banyak bidang. Oleh karena itu Generasi X bisa mengambil peran membantu para founder dan perusahaan startup sebagai negosiator dan berjejaring.

Generasi Milenial dikenal sebagai generasi yang tidak sabaran, dan kurang terasah kemampuan interpersonal skill akibat akrabnya mereka dengan gawai. Kemampuan untuk negosiasi dan berjejaring yang membutuhkan interpersonal skill sangat jelas unggul di Generasi X, oleh karena itu Generasi X bisa mengambil peran ini untuk bernegosiasi ke pemerintahan, investor, media dll.

Adakah hal lain yang sekiranya belum masuk di sini? Yuk ditunggu insight dan pendapatnya.

Founder Startup Berkolaborasi dengan Milenial

Ini juga peluang yang bisa dicoba, sebuah startup yang berhasil menurut buku “The Founder’s Dilemma” salah satu faktornya adalah founder yang punya pengalaman minimal 10 tahun di industri tersebut sehingga dia tahu persis apa yang bisa didisrupsi dari industrinya. Mereka yang sudah punya pengalana yang panjang di industri juga punya kematangan emosional dan manajerial, serta jejaring luas di industrinya yang akan memudahkan startup tersebut menavigasikan perusahaannya.

Baca Juga:Mengubah Persepsi Startup Digital Hanya Sebuah Pop Culture

Tuhu Nugraha

Konsultan Bisnis Digital

Dosen Pasca Sarjana London School of Public Relations (LSPR) Jakarta & Komunikasi UI

Penulis Buku Best Seller WWW.HM Defining Your Digital Strategy

Untuk pembelian buku WWW.HM Defining Your Digital Strategy klikdi sini